My Acne Story (1)

Hallo dear,
lama tak bersua, masih inget aku kan? Wanda Chacha Constantindeo... hehe
sekarang blog ini akan dibuat jadi beauty blogger. Aku akan bagikan tulisan-tulisan seputar perempuan dan serba-serbinya..

Untuk memulainya, aku mau bagikan ceritaku menghadapi jerawat nih!
Dulu waktu masih kelas 3 SMP, kulitku ini muncul jerawat-jerawat, i think its normal karena hormon, dan waktu itu aku masih bodo amat. Aku tunggu tuh jerawat selesai sampai kelas 3 SMA. Sudah hampir 3 tahunan aku hidup bersama jerawat. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke salah satu skincare namanya Ella Skincare.

Mulai kuliah aku rutin perawatan di Ella Skincare, rutin pakai krim pagi malam, sabun, toner, serum dan segala tetek bengeknya. Dah hasilnya benar-benar terasa. Wajahku bebas dari jerawat, bersih, dan putih. Seneng donk ya...

Setelah 1 tahun pakai Ella Skincare, banyak nih yang bilang kalau itu buat ketergantungan, bahaya, keras, dan sebagainya.. Ya jadi takut donk yaa.. akhirnya sedikit demi sedikit aku mulai meninggalkan Ella Skincare, (ya karena pas gaada duit juga sih) haha....

Tapi sesuatu hal mulai menyerang.. JERAWAT! mulanya muncul sedikit, aku pikir karena waktu itu aku juga jarang perawatan, krim malamku habis (belum bisa beli dan perawatan). Setelah aku punya uang, akhirnya aku beli krim dan perawatan tapi gak rutin (karena ingin hemat juga). Tapi hasilnya nothing! aku pikir apa udah gak mempan nih, atau perlu ditingkatkan lagi kudu perawatan teru, beli krim terus (tapi gapunya duit)...

Terus banyak yang menyarankan untuk lepas aja dari Ella Skincare, mungkin itu efek ketergantungan dan memaksa kulitu untuk nambah bahan2nya, dan itu bahaya. Takut donk ya...!! Aku ragu mau lepas atau engga, karena jujur aku gabisa menerima kulitku yang bakal diserang jerawat. Gak PD, dihujat, dan segala macam...

Ditengah tengah kebingungan, aku memncoba untuk menghentikan krim malam dan serumnya (karena sudah habis juga sih), dan tetap memakai toner, sabun, krim pagi sampai habis dan gaakan beli lagi. Tapi jerawat makin meyerang nih. Aku coba-coba pake beberapa cara, dan aku masih menganggap kulitku baik-baik saja. Nih listnya, seingetku aja yaaa:

1. Beautytox Mask
Masker ini punya temmenku, bahan dasarnya susu, baunya enak dan banyak yang cocok. Awalnya aku coba yang strawberry, dan its good. Dikulitku gapapa, ya memang ada jerawat tapi aku pikir bukan maskernya yang bermasalah, mungkin kulitku. Lalu, aku coba yang greentea, eh muncul jerawat gede satu, tapi gak parah.. dan masih gapapa.. nah tahap ini aku masih pake sampai habis, tapi jerawatku makin besar.

2. Calm skin Facemask
Aku pengin coba aja masker ini karena aku masih berfikir bahwa kulitku ini gapapa dipakein masker apapun siapa tau jerawatnya berkurang, aku coba yang coffe (karena dikasih) dan engga cocok. Jerawatku makin gede-gede dan banyak. Terus aku coba yang greentea, mungkin ini cocok. Eh pake sekali, aku udah ngerasa gak cocok karena jerawatku makin bengkak gitu.. dan jadi merah keiteman. akhirnya aku stop, sampai sekarang masih nih..

3. Nature Republik 92% AloeVera
Nah, lagi booming nih Nature Republik, katanya bisa buat kulit bagus, gak jerawatan. AKu sih tertarik pengin coba, tapi masih sayang duit dan engga beli2. Aku bisa punya ini karena dikasih pacarku sebagai kado ulangtahun (thx bae). Aku pakai Nature republik sebagai sleepmask, enak banget rasanya, adem seger gitu. Sekitar seminggu aku pakai, bagus sih, jerawat yang gede-gede gitu kempes sedikit, tapi malah bruntusan gitu. Aku searching2, ternyata ada beberapa orang yang engga cocok dengan ditandai bruntusan. Tapi ada juga yang bilang kalau itu sedang mengeluarkan zat-zat kimia dari Ella Skincare. Aku gatau nih, ini aku gak cocok atau lagi mendetok wajah dari zat kimia itu. Akhirnya aku memutuskan untuk stop dulu, tapi aku bakal pakai lagi kalau sudah yakin haha..

4. Natural Herb Organik
Ini disaranin sama temen gerejaku, dia beli tapi gak cocok akhirnya suruh coba di aku siapa tau cocok. AKu baca review dari internet katanya bagus untuk kulit bermasalah. Rasanya cekat cekit, tapi itu efeknya dan tanda kalau kulit kita bermasalah. Bahannya alami. Dan sedang booming juga nih! dipakai sama artis-arti korea gyituuuu.... Aku pake kurang lebih seminggu, jerawatku kering tapi gak sempurna. Engga sembuh-sembuh. Putus asa donk yaaa... akhirnya aku kembaliin tuh Natural Herb nya..

Aku kasih lidah buaya malah bruntusan, kasih tomat kulitku jadi item, kasih madu dan lemon juga sama aja, kasih putih telur gak ngefek, asembuh lahhh...

DAN AKU MENANGIS, gimana ini sembuhnya. Makin parah dan suangat parah, benar-benar BREAKOUT.. Banyak yang nyaranin ini itu malah jadi bingung sendiri.
Banyak yang kasih motivasi dan nyemangatin. Tapi ada juga yangselalu buat down, diejeklah, dihinalah, dipandang jeleklah... (peringatan! Jangan pernah memandang sebelah mata orang yang punya kekurangan atau berjerawat, mereka hanya butuh dukungan, bukan celaan, itu berpengaruh ke mental dan akhirnya fisik mereka. Makin dipikir malah makin menjadi-jadi. So  stop bullying them!)

Yah, akhirnya aku motivasi  diri sendiri aja deh, dibantu motivasi beberapa temen.. Makasih yang sudah memotivasiku.. kalian dabesttt..

Sampai suatu saat, simbah uti ku kasih uang buat pergi ke dokter (Beliaulah yang berjasa, kasian aku jerawatan, nyuruh segera sembuh dengan tindakan nyata wkwkwk lv yu mbah). Cuss lanngsung ke dokter spesialis kulit di RS. Moewardi Jebres, Surakarta. Setelah daftar. akhirnya diperikasalah oleh dokter.. Eh ternyata, ada TUNGAU gaesssss!!!! perasaan aku dah bersihan terus, kenapa masih ada ya?

Kata dokter, tungaunya harus dikurangi dulu biar jerawatnya bisa sembuh. Salah satu penyebab jerawat ya ini.. Dasar tungau gak jelas... Setiap kulit manusia pasti ada tungau wajahnya, tapi dipunyaku ini cukup banyak dan menyebabkan jerawatku gak ilang-ilang. Oke, dua minggu aku penngobatan untuk menghilangkan tungau, Tiap minggunya kontrol untuk cek masih ada tungau engga. Awalnya aku dikasih saleb jerawat namanya NIECEF sama disuruh minum obat antibiotik (aku lupa namanya). Minggu kedua diperiksa lagi, terus aku disuruh pake scabimate yang 1% tapi gaada akhirnya diganti dengan peditox. Yaampun ini tuh obat kutu rambut, mbak-mabk apoteknya aja kaget kok dipake untuk  muka... Demi tungaunya matiiii tuhhhhh...

Minggu ketiga kontrol lagi, setelah kulit wajah di cek lab, tiba-tiba aku langsung dipindah bagian kosmetik.

Komentar

Postingan Populer